Tuesday, December 11, 2018

Asian Supermarket di Amerika Menjual Produk Indonesia

Salah satu mini market

Jauh di negeri orang, banyak hal yang selalu diingat dan dikenang, apa saja. Tak ketinggalan makanan. Tenta saja tak ada yang fresh (segar). Tak ada yang jual lontong sayur, pecal atau bubur ayam untuk sarapan pagi, misalnya.

Begitu juga kue kue tradisional, hanya bikin “air liur” meleleh saja mengingat yang namanya kue talam, getuk, bika ambon, putu mayang, kue pancong dan kue cucur. Tidak ada yang jual. Ada sih yang mirip mirip dengan kue kita, dibuat dan dijual orang Vietnam. Tak sama persis dengan kue kita, tapi lumayanlah, diantaranya mirip kue lapis dan onde onde.

Bumbu Indofood

Di sekitar rumah kami, ada dua warung Vietnam dan satu mini market (Asian Supermarket) yang menjual makanan fresh, mentah, beku dan kalengan untuk konsumsi orang orang Asia (Jepang, Korea, Cina) dan Asia Tenggara (Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Malaysia dan Indonesia).

Tauge segar, tahu goreng dan tahu yang siap dimasak atau digoreng ada setiap hari. Diantara produk mentah yang selalu dibeli orang Indonesia dan Malaysia adalah “bakso” mentah dari bahan daging, ayam atau ikan.

Kue yang kami selalu beli adalah kue talam, bukan yang segar, tapi dalam bentuk beku. Untuk mengkonsumsinya, kita harus me-“microwave” beberapa menit. Lumayan juga rasanya. 

Untuk makanan seperti rawon, rendang, opor ayam dan nasi goreng, ya, harus buat sendiri. Untungnya ada bumbu yang bisa dibeli di Asian Supermarket. Harganya US$0,99 (Rp13 ribu) untuk sekali masak. 

Seandainya pingin masak makanan Indonesia, kami pasti pakai bumbu dari Indofood ini. Sudah barang tentu tak sama persis dengan opor ayam, tapi sangat lumayan, apalagi makannya sambil membayangkan enaknya opor ayam tanah air. Wow…. So delicious. 

Baca Juga:

16 comments:

  1. Dengan adanya bumbu-bumbu kemasan dari Indofood, bisa memasak makanan Indonesia, Alhamdulillah hahaha. Saya juga suka pakai, sesekali wkwkw. Btw kasihan ya Kakak kue talamnya musti di-microwave terlebih dahulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak punya pilihan lain...hehehe

      apresiasi atas kunjungan dan komennya:
      Asian Supermarket di Amerika Menjual Produk Indonesia
      @

      Asian, Supermarket di Amerika Menjual Produk Indonesia

      Delete
    2. Sesekali bikin, Kak hahahah *cuma bisa sarankan, dan saran yang menjengkelkan* :D

      Delete
  2. wah langka banget ya makanan indonesia di luar sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...sebenarnya tantangan untuk membuka bisnis.
      apresiasi atas kunjungan dan komennya:
      Asian Supermarket di Amerika Menjual Produk Indonesia
      @

      Asian, Supermarket, di Amerika Menjual Produk Indonesia

      Delete
  3. Ntar kalau pas pulang Indonesia, dipuas-puasin ngemil jajanan getuk ya, mas ...
    Apalagi di kotaku yang dulu sempat punya slogan ' Kota Getuk ', beragam jenis olahan getuk ada disini didapat dengan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apresiasi atas kunjungan dan komennya:
      Asian Supermarket di Amerika Menjual Produk Indonesia
      @

      Asian, Supermarket, di, Amerika Menjual Produk Indonesia

      Delete
  4. Widih, produk indonesia memang banyak dimintai dari negara asing. bahkan indomie menjadi salah satu makanan favorit di salah satu negara afrika

    ReplyDelete
  5. Berarti jarang banget yang jual kuliner Indonesia di sana ya, padahal gak sedikit juga bule amrik yang suka makanan Indonesia

    ReplyDelete
  6. Masih lumayan ada bumbu instan indofood jadi kangen masakan indonesia agak sedikit terobati ya mas, walaupun rasanya tentunya beda dgn bahan2 yg segar

    ReplyDelete
  7. Saya kurang tahu seluk beluk supermarket di Luar Negeri, maklum belum pernah ke luar negeri, kebanyakan di desa doang, heheh...

    Ohy..Mas ini ngeblognya diluar negeri yach... Amrik, sebab saya curiga kenapa ada tulisan " mengklix iklax " di kolom komentar saya. Mbok yach jangan ditulis mas... ntr Google Marah,,,, hasilnya juga cuma cibuxxxxx... :)

    ReplyDelete
  8. lumayan dong produk kita ada di amrik, semoga saja imbas dari itu manfaat bagi para pegawai pabrik pembuat produk tersebut....hehe jauh banget kan apa yang saya pikirkan dari penjelasan artikel diatas...guweh geto loch

    ReplyDelete
  9. Nah, wajib bangga nih kita sebagai orang Indo. Berarti, ada kemungkinan orang luar juga pake barang kita.

    ReplyDelete
  10. Sisi positifnya, jadi bisa masak masakan indonesia plus jadi bisa berhemat..

    ReplyDelete
  11. Bumbu instan juga lebih murah disini. Aku selalu menyimpan buat keadaan darurat karena kalau masak from the scratch makan waktu & kadang malah lebih mahal.

    ReplyDelete
  12. Belajar buat sendiri mas tanza, suruh keluarga kirim bahannya dari indonesia... lontong sayur mmmmmm..... :D

    ReplyDelete

What Things Will Disappear from Public?

Smart key, credit to cars.com There are many things that familiar with our life in a decade or so will disappear soon. The timing o...