Sunday, September 23, 2018

Pilpres 2019: Tim Dynamite Denmark

Kwik Kian Gie dan Sandi akan fokus ke ekonomi, credit foto: Politik Today

Pada tulisan terdahulu, ibarat tim sepakbola, saya menempatkan Prabowo-Sandi sekelas Senegal dan Maroko (silahkan baca artikel saya: “95% Suara Kemenangan Jokowi Berasal Dari Jateng dan Jatim”). 

Tapi, kali ini saya menyebut pasangan Prabowo-Sandi ibarat tim “Dynamite Denmark” yang membuat kejutan memenangkan Piala Eropa tahun 1992. Tim underdog, tanpa bintang dan tanpa pemain bayaran mahal. 

Tanya: Apa dasarnya?
Jawab: Hasil polling 

Tanya: Ah…masa sih? Siapa yang melakukan Polling? Jangan jangan Jonru pula!

Indomatrik telah terbukti mengestimasi kemenangan Anis-Sandi pada Pilkada Jakarta, dan kemenangan Herman Deru-Mawardi Yahya pada Pilkada Sumsel. Seandainya ada yang MERAGUKAN hasil survei Indomatrik, ya, silahkan saja tunggu BUKTI sampai hitungan suara terakhir.

Sekarang, Indomatrik melakukan poling Pilpres 2019 dengan hasil peningkatan suara Prabowo-Sandi. Masih Jokowi-Ma’ruf yang menang. Hasil survei:
Jokowi-Ma’ruf: 49,32%
Prabowo-Sandi: 44,90%
Margin of Error: 2,4%

Dengan margin of error sebesar 2,4%, dapat diestimasikan dan diasumsikan bahwa:
1)      Suara perolehan “minimal” Jokowi-Ma’ruf bisa sebesar: 49,32% - 2,4% = 46,92%
2)      Suara perolehan “maksimal” Prabowo-Sandi bisa sebesar: 44,90% + 2,4% = 47,3.

Artinya apa? Kalau diadakan pilpres hari ini, dimana diasumsikan Prabowo-Sandi mendapat suara “maksimal” sebesar 47,3%, sedangkan Jokowi-Ma’ruf mendapatkan suara “minimal” sebesar 46,92%, maka PEMENANG-nya adalah Prabowo-Sandi.

Sebenarnya, terlalu dini untuk mengestimasi apalagi meyimpulkan siapa PEMENANG Pilpres 2019. Tapi perlu dicatat bahwa ada PENINGKATAN signifikan suara Prabowo-Sandi dari 14% menjadi 29% dan sekarang meningkat ke angka 44,9%..

Sementara suara Jokowi-Ma’ruf mengalami penurunan, dari 55% menurun ke angka 53%, dan terus menurun menjadi 49,32%. Keluar dari angka “magic number”

Masih ada waktu 7 bulan ke hari “H.” Banyak hal bisa terjadi sepanjang 7 bulan ini. Kita amati saja dengan cermat!

# Sumber data: Hasil polling yang dilakukan oleh LSI Denny JA, Litbang Kompas dan Indomatrik.



8 comments:

  1. Pilpres 2019: Tim Dynamite Denmark

    Kwik Kian Gie dan Sandi akan fokus ke ekonomi, credit foto: Politik Today

    ReplyDelete
  2. Pilpres 2019: Tim Dynamite Denmark

    Pada tulisan terdahulu, ibarat tim sepakbola, saya menempatkan Prabowo-Sandi sekelas Senegal dan Maroko (silahkan baca artikel saya: “95% Suara Kemenangan Jokowi Berasal Dari Jateng dan Jatim”).

    ReplyDelete
  3. Pilpres 2019: Tim Dynamite Denmark

    Tapi, kali ini saya menyebut pasangan Prabowo-Sandi ibarat tim “Dynamite Denmark” yang membuat kejutan memenangkan Piala Eropa tahun 1992.

    ReplyDelete

What Things Will Disappear from Public?

Smart key, credit to cars.com There are many things that familiar with our life in a decade or so will disappear soon. The timing o...