Friday, October 5, 2018

Orang Maluku di Belanda: Salju, Keju dan Sagu

Kampung Maluku di Belanda

Orang Maluku generasi ketiga dan keempat yang ayah dan kakeknya (generasi kedua) sudah lahir di Belanda, ya, seperti WN Belanda lainnya, tak jauh dari salju dan keju. 

Mereka sudah lupa dengan sagu dan papeda (tak usahkan yang lahir di Belanda, Yang lahir di Jawa atau Sumatra, barangkali juga sudah lupa sama papeda dan sagu….).

Seperti WN Belanda lainnya, ada yang kuliah, jadi PNS, berprofesi di bidang kesehatan, Pendidikan dan wiraswasta. Bahkan di Timnas Sepakbola Belanda, selalu ada orang Maluku.

Dulu mereka dibuatkan kampung, istilahnya “Molukse wijk.” Jumlahnya lumayan banyak, 71 kampung. Kepala kampungnya, ya, orang Maluku. Sama dengan di kita, kalau Polisi atau Aparat ingin masuk kampung, harus izin kepala kampung.

Di 71 kampung (Molukse wijk) tersebut, dulu, 100% isinya orang Maluku. Tapi, sekarang, turunan ketiga hanya 45% yang tinggal di Kampung . Sementara turunan keempat hanya 40% yang mau tinggal di “Molukse wijk.”

Kenapa generasi ketiga dan keempat tak mau menetap di Kampung Maluku (“Molukse wijk”)? Jawabannya, karena mereka sudah kawin dengan warga non-Maluku. Bisa, karena menikah dengan imigran lainnya (Philippina, Suriname, Cina dan bahkan dengan imigran dari Israel) atau menikah dengan orang Belanda Kulit Putih. 

Yang mix, biasanya kehidupannya lebih baik. Profesi apa aja mereka geluti: politisi, pemusik, pelukis, businessmen dan sebagainya. 

# Pak Harto sebelum lengser selalu mengundang professional turunan Maluku ke Indonesia untuk dimintai pendapatnya soal membangun Indonesia.
-Mereka juga diminta untuk mengundang investor Belanda datang dan menanamkan modal ke Indonesia !!

## Kemudian, tak hanya Maluku, tapi semua turunan Indonesia di Belanda diundang oleh pak Harto
-Tahun 1990-an itu, saya selalu bertemu turunan Indonesia-Belanda di Pesawat dan kapal laut. Mereka mengaku investasi kecil kecilan seperti buat pabrik roti dan franchise





8 comments:

  1. Orang Maluku di Belanda: Salju, Keju dan Sagu

    ReplyDelete
  2. Orang, Maluku di Belanda: Salju, Keju dan Sagu

    ReplyDelete
  3. Orang, Maluku, di Belanda: Salju, Keju dan Sagu

    ReplyDelete
  4. Orang, Maluku, di, Belanda: Salju, Keju dan Sagu

    ReplyDelete
  5. Orang, Maluku, di, Belanda: Salju, Keju, dan Sagu

    ReplyDelete
  6. Orang, Maluku, di, Belanda: Salju, Keju, dan, Sagu

    ReplyDelete
  7. Orang Maluku di Belanda: Salju, Keju dan Sagu

    Kampung Maluku di Belanda

    ReplyDelete
  8. Dari berita yang saya baca pemain bola Giovanni van Bronckhorst adalah keturunan maluku. Keren.

    ReplyDelete

What Things Will Disappear from Public?

Smart key, credit to cars.com There are many things that familiar with our life in a decade or so will disappear soon. The timing o...